Rapat Pleno Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Periode September 2020

You are currently viewing Rapat Pleno Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Periode September 2020
Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Periode September 2020

KPU Kabupaten Kupang Melakukan Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Periode September yang dilaksanakan pada hari Jumat tangal 2 Oktober 2020 oleh KPU Kabupaten Kupang merupakan pleno ketujuh sejak bulan Maret 2020, dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Kupang Elyaser Lomi Rihi didampingi Anggota KPU Kabupaten Kupang serta dihadiri oleh 2 orang Anggota Bawaslu Kabupaten Kupang dan beberapa Partai Politik.
Dalam pengantarnya Elyaser menyampaikan bahwa bahwa Pemutakhiran data pemilih di bulan September 2020 mengalami sedikit kemajuan, hal ini tidak terlepas dari komunikasi yang intens dengan instansi terkait diantaranya Disdukcapil sehingga tanggal 29 September 2020 Disdukcapil menyerahkan data pemilih berupa data pemilih kategori meninggal, pindah alamat, alih tatus dan pemilih baru. Untuk itu KPU Kabupaten Kupang mengucapkan terima kasih kepada Disdukcapil atas dukungannya dalam rangka pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Sementara itu koordinasi dengan Rumah Sakit Umum Daerah Naibonat tetap dilakukan untuk memperoleh informasi terkait penduduk kategori pemilih yeng meninggal dunia.
Hasil Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Periode September 2020 dibacakan langsung oleh Anggota KPU Kabupaten Kupang Divisi Program dan Data – Samsul Gole, dengan total pemilih 222.214 (Dua Ratus Dua Puluh Dua Ribu Dua Ratus Empat Belas) dengan rincian laki-laki 110.301 (seratus sepuluh ribu tiga ratus satu) dan perempuan 111.913 (seratus sebelas ribu sembilan ratus tiga belas) pemilih yang tersebar di 177 Desa/Kelurahan dan 24 Kecamatan.
Bawaslu dan Partai Politik Kabupaten Kupang mengapresiasi kinerja KPU Kabupaten Kupang karena walaupun di tengah Krisis Pandemi Covid 19 tetapi KPU Kabupaten Kupang tetap berkomitmen melayani masyarakat pemilih dengan terus melakukan pemutakhiran data pemilih baik pemilih baru, pemilih yang pindah dan pemilih yang meninggal dunia.
Anggota Bawaslu Kabupaten Kupang Adam Bao mengatakan bahwa Data adalah panglima dari perencanaan apalagi untuk urusan politik untuk itu data yang baik akan menghasilkan sebuah perencanaan partisipatif, terbuka dan akuntabel serta kedepan diharapkan adanya MoU atau kerjasama dengan Disdukcapil dan KPU Kabupaten Kupang terkait data pemilih.

Tinggalkan Balasan