Rekapitulasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Triwulan II Tahun 2021

You are currently viewing Rekapitulasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Triwulan II Tahun 2021
Rakor Rekapitulasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Triwulan II Tahun 2021

KPU KABUPATEN KUPANG GELAR RAPAT KOORDINASI REKAPITULASI DATA PEMILIH BERKELANJUTAN TRIWULAN II TAHUN 2021

Oelamasi – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kupang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Rekapitulasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Triwulan II Tahun 2021, pada Rabu 30 Juni 2021. Bertempat di Aula KPU Kabupaten Kupang, Rakor dimulai pukul 10.00 wita dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Kupang. Kegiatan ini dihadiri oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang, Bawaslu Kabupaten Kupang dan pimpinan Partai Politik.

Dalam sambutan dan arahannya Ketua KPU Kabupaten Kupang, Elyas Lomi Rihi menyampaikan “Dasar kegiatan PDB merupakan amanah Undang-Undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum Pasal 20 huruf (I) bahwa KPU Kab/kota berkewajiban melakukan pemutakhirann dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan Peraturan perundang-undangan” jelas Elyas. “Atas amanah inilah maka KPU RI menterjemahkan dalam surat KPU no 181 dan 132 Tahun 2020 perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dengan langkah-langkah Berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai dinas yang menangani administrasi kependudukan, kemudian melakukan Rapat Koordinasi setiap bulan dengan Partai Politik, Bawaslu, Disdukcapil dan Instansi lainnya, membuat membuat aplikasi mobile PDB, melakukan trobosan dan sosialisasi dan terakhir hasil PDB diumumkan pada papan pengumuman atau laman KPU Kabupaten Kupang.” Lanjutnya.

Sementara itu Komisioner Divisi Program dan Data Samsul Gole memaparkan bahwa KPU Kabupaten Kupang telah melakukan Rekapitulasi Data Pemilih Berkelanjutan sampai pada triwulan II ini dengan jumlah pemilih sebanyak 222.312 (Dua Ratus Dua Puluh Dua Tiga Ratus Dua Belas) Pemilih. Dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 110.306 (Seratus Sepuluh Tiga Ratus Enam) pemilih dan pemilih perempuan sebanyak 112.006 (Seratus Dua Belas Enam) pemilih, yang tersebar di 24 Kecamatan, 177 Desa.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kupang membuka layanan tanggapan masyarakat terkait Pemilih Baru/Pemula, meninggal dunia, alih status pindah domisili maupun perbaikan nama/data lainnya bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kupang baik secara Online melalui link https://www.kpu-kupangkab.go.id/pemutakhiran-data/ maupun mendatangi secara langsung kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kupang pada jam kerja dengan membawa dokumen pendukung (KTP-el dan Kartu Keluarga).

Menutup sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Kupang menyampaikan “Maksud dari kegiatan PDB adalah untuk memperbaharui data pemilih seperti menambahkan pemilih pemula atau baru yang belum terdaftar dalam daftar pemilih dan mengeluarkan yang tidak lagi memenuhi syarat (TMS) seperti meninggal dunia, pindah domisili ke luar wilayah Kabupaten Kupang dan alih status dari masyarakat biasa menjadi TNI/POLRI serta melakukan perubahan elemen data pemilih, hal ini penting dilakukan agar mendapatkan data yang akurat dan mutakhir guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilu/Pemilihan berikutnya”.

Laporan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Kabupaten Kupang Periode Bulan Mei & Juni 2021 dan Lampiran Rinciannya dapat diunduh di bawah ini :

DPB Mei 2021

Rincian DPB Mei 2021

DPB Juni 2021

Rincian DPB Juni 2021

Tinggalkan Balasan